Wisata Hits

Jam
08.00-17.00 WIB

Sejarah dan Asal-usul Air Terjun Randusari

Nama "Randusari" berasal dari kata 'Randu' yang merupakan nama jenis pohon yang berada di air terjun ini. Dan juga 'Sari' yang dalam bahasa Jawa berarti 'Utama'. Jadi bisa disimpulkan bahwa nama Air Terjun Randusari berarti sebuah air terjun yang terdapat pohon Randu di dekatnya.

Review Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari merupakan salah satu air terjun tersembunyi yang ada di Bantul, Yogyakarta dan masih cukup alami. Air terjun ini berada diantara pohon-pohon yang membuat suasana begitu sejuk. Air terjun ini juga cukup dekat dengan perumahan warga. Jarak dari tempat parkir menuju ke Air Terjun tidaklah jauh hanya sekitar 200 meter dan dengan jalan yang tidak terlalu curam.

Air Terjun Randusari memiliki kedung atau semacam kolam kecil yang terbentuk secara alami dengan kedalaman antara 1-2 meter. Di kedung ini, kalian dapat berenang bebas dan juga bermain air sampai puas. Tetapi tetap berhati-hati selama bermain air disana, karena di bagian tengah kedung memiliki kedalaman lebih dari 2 meter.

Biaya masuk ke Air Terjun Randusari tidaklah mahal, pada saat saya kesana hanya ditarik biaya Rp 5.000 (dua orang) dengan rincian tiket masuk Rp 2.000/orang dan biaya parkir sebesar Rp 1.000 sangat murah untuk sebuah tempat wisata yang cukup apik. Fasilitas di Air Terjun Randusari juga sudah lumayan, ada gazebo dan toilet.

Lokasi Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari ini terletak di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini berada dekat dengan Air Terjun Lepo Dlingo.
Baca : Indahnya Air Terjun Lepo Dlingo Bantul
Air Terjun ini dapat ditempuh kurang lebih sekitar 1 jam dari Kota Jogja dan berjarak sekitar 31 km dari Tugu Jogja. Lihat Peta Lokasi Air Terjun Randusari.

Rute Jalan Menuju Air Terjun Randusari

1. Rute jalan dari Kota Yogyakarta (via Bukit Bintang)

Dari Tugu Jogja langsung saja ke selatan melalui Jalan Margo Utomo > Jalan Kleringan > Jalan Abu Bakar Ali > Jalan Mataram dan juga Jalan Mayor Suryotomo hingga sampai di perempatan bangjo Hotel Limaran. Dari perempatan bangjo belok ke kiri atau atau ke arah timur sekitar 3,7 km sampai di perempatan lampu bangjo setelah Gembira Loka Zoo. Dari perempatan bangjo belok kiri lalu ikuti jalan sekitar 1,2 km sampai di perempatan Ringroad Timur. Dari perempatan Ringroad Timur belok kanan sekitar 1,2 km sampai di perempatan Ringroad Wonosari.

Dari perempatan Ringroad Wonosari kalian belok ke arah timur sekitar 11 km sampai di Bukit Bintang. Dari Bukit Bintang ikuti jalan sekitar 1 km hingga menemukan perempatan di dekat pos polisi. Dari pos polisi tadi belok ke kanan atau ke arah selatan. Ikuti jalan sekitar 9 km hingga menemukan  petunjuk arah ke Air Terjun Randusari yang ada di perempatan pohon beringin. Dari pohon beringin silahkan kalian ikuti petunjuk yang ada, sekitar 8 km dari pohon beringin kalian akan sampai di Air Terjun Randusari.

2. Rute jalan dari Kota Yogyakarta (via Imogiri)

Dari Tugu Jogja langsung saja ke selatan melalui Jalan Margo Utomo dan juga Jalan Malioboro hingga sampai di Titik Nol Kilometer Jogja (atau untuk yang sudah paham Jogja bisa lewat Jalan Mataram sampai di perempatan Hotel Limaran agar lebih cepat). Dari Titik Nol Jogja kalian belok ke kiri atau atau ke arah timur sekitar 500 meter sampai di perempatan lampu bangjo Hotel Limaran. Dari perempatan Hotel Limaran belok ke kanan atau ke arah selatan sekitar 1,5 km sampai di perempatan Pojok Benteng. Dari Pojok Benteng belok ke kiri atau ke arah timur sekitar 1,8 km sampai di perempatan bangjo yang ada SPBUnya. Dari perempatan bangjo belok ke kiri sekitar 2,1 km hingga sampai di perempatan Ringroad Selatan.

Dari perempatan Ringroad lurus terus atau ke selatan melewati Jalan Imogiri Timur sekitar 1,3 km belok ke kiri atau ke timur lewat Jalan Pleret. Ikuti jalan sekitar 3,2 km hingga sampai di perempatan Pasar Pleret. Dari perempatan Pasar Pleret belok ke kanan atau ke arah selatan. Ikuti jalan sekitar 8 km sampai di perempatan pohon beringin. Dari pohon beringin silahkan kalian ikuti petunjuk yang ada, sekitar 8 km dari pohon beringin kalian akan sampai di Air Terjun Randusari.