Wisata Hits

Jalur Pendakian Gunung Andong Via Sawit

Gunung Andong

Sejarah dan Mitos Gunung Andong

Penamaan Gunung Andong menurut beberapa masyarakat ada dua versi yang berbeda satu sama lain. Versi pertama mengatakan bahwa nama 'Andong' diambil dari nama sebuah daun 'Andongo' yang menjadi salah satu syarat dalam ritual masyarakat Jawa. Andongo sendiri bisa diartikan sebagai sebuah 'permohonan' atau berdo'a kepada sang pencipta alam.

Versi lainnya mengatakan bahwa nama 'Andong' diambil dari bentuk puncak gunung yang menyerupai punggung sapi atau yang biasa disebut dengan panggilan Andong. Sehingga gunung ini sering disebut dengan nama Andong.

Review Gunung Andong

Gunung Andong merupakan sebuah gunung ini bertipe perisai yang dapat dilihat dari bentuk gunungnya yang mirip seperti perisai. Gunung ini tercatat sama sekali belum pernah meletus hingga saat ini tahun 2018. Gunung ini merupakan satu dari beberapa gunung yang melingkari Kota Magelang dan terletak di antara Ngablak dan Grabag. Gunung Andong sendiri berada di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang dengan ketinggian sekitar 1.463 m.  .

Gunung Andong bisa dikatakan gunung yang sangat cocok untuk para pendaki pemula, karena gunung ini tidak begitu tinggi hanya membutuhkan waktu pendakian sekitar 1-2 jam. Namun tetap harus berhati-hati ketika mendaki gunung ini karena alam tak pernah bisa diprediksi.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Gunung Andong mempunyai 4 puncak yang berjajar rapih membentuk seperti sebuah punggung sapi. Nama-nama puncak tersebut dari barat adalah Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-Alap. Sedangkan puncak yang paling tinggi adalah Puncak Andong di ketinggian 1726 mdpl.

Gunung Andong memiliki keindahan alam yang tak bisa dianggap remeh. Hanya dengan mendaki beberapa jam saja, kalian sudah bisa melihat pemandangan yang begitu indah. Pemandangan di Puncak Gunung Andong tak kalah bagus dari puncak-puncak gunung lain yang lebih tinggi seperti: Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Jalur Pendakian Gunung Andong

Gunung ini dapat kita daki dari berbagai arah karena gunung ini memiliki banyak jalur pendakian. Setidaknya ada 3 jalur pendakian resmi dan beberapa jalur pendakian baru yang belum tercatat. Jalur resmi yang ada diantaranya Jalur Sawit, Jalur Gogik, dan Jalur Kembangan. Sedangkan jalur yang paling sering digunakan oleh para pendaki yaitu Jalur Sawit. Basecamp Gunung Andong via Sawit sendiri terletak di rumah Mbah Jono / Solikin yang berada di RT 3 / RW 5, Dusun Sawit Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Peta Jalur Pendakian Gunung Andong
Peta Pendakian Gunung Andong Via Sawit

Rute Jalan Menuju Basecamp Andong Via Sawit

1. Rute jalan dari Ungaran, Semarang, Salatiga,  Boyolali dan Solo (dari utara)

Jika dari arah jalan Raya Semarang – Solo kamu bisa langsung transit di terminal Pasar Sapi Salatiga kemudian ambil arah Magelang dan akan melewati Kopeng dan Pasar Ngablak. Tak jauh dari sana kamu akan melihat tugu berwarna biru, lalu belok kearah Grabag. Setelah itu terus jalan sekitar 2 km kamu akan melihat pertigaan makam dusun Kenteng, belok kiri dan jalan terus sampai melihat plang SD Girirejo 2 belok kanan, sampailah kamu di Basecamp Sawit.

2. Rute jalan dari Ketep Magelang, Yogyakarta dan Purworejo (dari selatan)

Langsung saja ke Terminal Tidar Magelang, setelah itu di lampu merah canguk belok kanan menuju arah Kopeng dan kamu akan sampai di Pasar Ngablak. Jika kalian melihat ada tugu berwarna biru di Pasar Ngablak, belok kiri kearah Grabag. Setelah itu terus jalan sekitar 2 km kamu akan melihat pertigaan makam dusun kenteng, belok kiri dan jalan terus sampai melihat plang SD Girirejo 2 belok kanan, sampailah kamu di Basecamp Sawit.

3. Rute jalan Secang, Grabag, Temanggung, Wonosobo dan Parakan (dari barat)

Jika kamu memulai perjalanan dari Terminal Secang, langsung ke arah Krincing lalu belok kanan di pertigaan yang akan menuju Grabag. Dari Grabag langsung ke Pasar Grabag, dari perempatan Pasar Grabag, kamu lurus terus saja kea rah Mangu. Dari Mangu naik terus melewati dusun Mantran kulon dan Mantran wetan. Jika sudah sampai di SD Girirejo 2 kamu bisa langsung belok kiri, sampailah kamu di Bascamp Sawit.

Perkiraan Waktu Pendakian Gunung Andong

Basecamp - Pos 1 = 20 menit
Pos 1 - Pos 2 = 20 menit
Pos 2 - Puncak Jiwa = 30 menit
Puncak Jiwa - Puncak Andong = 5 menit

Fasilitas

• Area parkir
  • Toilet / Kamar mandi
  • Masjid (dekat basecamp)
  • Warung makan
  • Camp ground (Puncak Jiwa)