Wisata Hits

Jam
07.30-18.00 WIB

Sejarah dan Mitos Pantai Ayah

Sebagai pantai yang berada di selatan laut Jawa, Pantai Ayah sangat erat kaitannya dengan mitos Nyai Roro Kidul. Hal ini diperkuat dengan adanya peninggalan maupun batu-batuan di pantai ini yang oleh masyarakat dipercaya sebagai barang-barang keramat dan berbau mistis. Dan salah satu batu karang yang ada disini diyakini sebagai pintu gerbang Nyi Roro Kidul oleh masyarakat. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik agar wisatawan datang berkunjung ke tempat ini.

Review Pantai Ayah

Pantai Ayah merupakan salah satu obyek wisata pantai yang sangat terkenal di Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini terletak di kecamatan Ayah, namun orang lebih mengenal tempat ini berada di Gombong yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kebumen.

Akses jalan untuk menuju pantai ini sangatlah mudah dan juga sudah tersedia plang petunjuk arah untuk menuju pantai ini, jadi kamu tak perlu khawatir tersesat. Ditambah lagi lokasi pantai yang berada dekat dengan jalan raya membuatmu dengan mudah menemukannya.

Pantai Ayah bisa dibilang memiliki beragam keindahan alam mulai dari hamparan pasir pantai luas, susunan batu karang yang megah, tempat bermain yang sejuk, juga tersedia jembatan di pinggir pohon mangrove yang dijadikan sebagai salah satu spot foto andalan. Sunset di Pantai Ayah jangan diragukan lagi, karena view lepas ke arah laut membuatmu bisa dengan mudah melihat matahari terbenam tanpa terhalang pohon ataupun gedung. Di dekat pantai ini juga terdapat wisata hutan mangrove yang cukup apik, jika kamu ingin ke sana silahkan bertanya pada penduduk sekitar saja karena akses ke hutan mangrove bisa dibilang cukup sulit.

Di Pantai Ayah Kebumen sudah tersedia banyak fasilitas mulai dari area parkir yang sangat luas, masjid (ada di dekat jalan raya), warung, toilet, area bermain anak, ayunan, gazebo, serta tempat untuk bercamping juga ada. Jadi jangan ragu untuk datang ke pantai ini.

Lokasi Pantai Ayah

Pantai Logending Ayah ini terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen,  Provinsi Jawa Tengah. Pantai ini berada di ujung barat kabupaten Kebumen serta berbatasan langsung dengan kabupaten Cilacap. Pantai ini berjarak sekitar 53 km dari kota Kebumen dan sekitar 8 km dari objek wisata Goa Jatijajar dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Pantai ini sangat mudah diakses oleh wisatawan karena sangat dekat dengan jalan raya. Lihat Peta Lokasi Pantai Ayah.

Rute Jalan Menuju Pantai Ayah

1. Rute jalan dari Kebumen, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta (dari arah timur)

Dari Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta (arah timur) maka kalian cukup menempuh jalur ke arah Gombong. Dari Pasar Gombong masih lurus ke barat sekitar 8,4 km sampai pada pertigaan Ijo. Kemudian dari pertigaan Ijo belok kiri atau ke selatan menuju Goa Jatijajar dan Pantai Ayah (ada petunjuk arahnya di pertigaan Ijo). Ikuti jalan sekitar 9 km ke arah selatan sampai pada Pasar Demangsari. Dari Pasar Demangsari lurus terus (ke arah selatan) sekitar 8 km sampai pada pertigaan Pasar Ayah. Dari pertigaan Pasar Ayah belok kiri (ke arah timur) sekitar 1 km akan terlihat gapura / gerbang wisata Pantai Ayah. Lurus terus dan sampailah kamu di Pantai Ayah.

2. Rute jalan dari Banyumas, Purwokerto (dari arah barat)

Jika dari arah barat yaitu dari Purwokerto dan Banyumas, maka tinggal ke timur menuju Ijo. Kemudian di pertigaan Ijo belok kanan atau ke selatan menuju Goa Jatijajar (ada petunjuk arahnya di pertigaan Ijo). Ikuti jalan sekitar 9 km ke arah selatan sampai pada Pasar Demangsari. Dari Pasar Demangsari lurus terus (ke arah selatan) sekitar 8 km sampai pada pertigaan Pasar Ayah. Dari pertigaan Pasar Ayah belok kiri (ke arah timur) sekitar 1 km akan terlihat gapura / gerbang wisata Pantai Ayah. Lurus terus dan sampailah kamu di Obyek Wisata Pantai Ayah.