Wisata Hits

Embung Tambakboyo Wisata Murah di Jogja

Embung Tambakboyo
Tiket Masuk
Motor Rp 2.000
Mobil Rp 3.000
Buka
Setiap hari 24 jam

Sejarah dan Asal-usul Tambakboyo

Embung Tambakboyo dibangun mulai dari tahun 2003 dan selesai pada tahun 2008 kemudian diresmikan pada tahun 2009. Air yang ada di Tambakboyo berasal dari dua aliran sungai yaitu sungai Tambak Bayan dan sungai Buntung dengan luas 7.8 ha dan volume 400.000 m3.

Fungsi utama dari embung yaitu sebagai daerah konservasi air dan menjadi tempat untuk menampung cadangan air. Namun terlepas dari fungsi utama tadi, embung ini juga biasa digunakan oleh banyak orang sebagai tempat wisata, jogging dan memancing.

Review Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo merupakan salah satu tempat wisata murah meriah yang ada di Condong Catur, Yogyakarta. Embung atau Waduk Tambakboyo berada di antara tiga Desa yaitu Condongcatur, Maguwoharjo dan Wedomartani. Embung ini juga cukup dekat dari area kampus seperti UNY, UGM, UPN Veteran, dan kampus lainnya. Meski begitu beberapa orang merasa kesulitan untuk mencapai tempat ini karena tempatnya yang berada di daerah perumahan warga dengan jalan yang cukup membingungkan.

Untuk mencapai Embung Tambakboyo kalian bisa melalui dua jalur yang pertama melalui Taman Kuliner Condong Catur dan yang kedua melalui perempatan depan UPN Veteran. Jika melalui Taman Kuliner Condong Catur akan lebih cepat, namun terdapat banyak belokan-belokan yang cukup membingungkan bagi yang belum mengenal daerah ini. Untuk rute yang paling mudah yaitu melalui Ringroad dan UPN Veteran karena tidak terlalu banyak terdapat belokan-belokan yang membingungkan. Untuk rute jalan lebih lengkap akan dibahas di akhir artikel.

Embung Tambakboyo biasa digunakan oleh warga sekitar untuk tempat memancing. Jenis ikan yang ada di Tambakboyo cukup banyak seperti Nila, Wader, Lele, Gabus, Bawal, Sepat, dll. Akan tetapi ikan yang cukup sering didapatkan oleh para pemancing yaitu ikan Nila. Selain untuk memancing, Tambakboyo juga biasa digunakan untuk olahraga jogging di pagi atau sore hari dengan trek jogging berupa jalan berpaving.

Apabila kalian merasa lapar saat memancing atau haus setelah berolahraga, kalian bisa mampir ke warung-warung yang ada di pinggiran Embung Tambakboyo dengan harga yang cukup murah. Selain warung, di sekitar embung juga cukup banyak pedagang keliling yang menjajakan dagangannya.

Pemandangan di Tambakboyo dapat dikatakan cukup indah dengan view pantulan pemandangan yang nampak jelas di permukaan air. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan Embung Tambakboyo yaitu pada saat pagi atau sore hari. Karena kalian akan dimanjakan dengan indahnya langit berwarna jingga yang membias di permukaan air yang tenang.

Ada banyak cara menikmati indahnya Embung Tambakboyo pada pagi atau sore hari seperti duduk-duduk santai, memancing, jogging, bersepeda dan mendayung kano sembari menikmati langit jingga. Tambakboyo juga cukup epic untuk berburu foto landscape dengan adanya pantulan langit di permukaan air yang tenang akan membuat foto menjadi terlihat sangat bagus. Jika kalian beruntung, kalian juga dapat menikmati megahnya gunung merapi yang terlihat di sisi utara embung.

Untuk datang dan menikmati keindahan Embung Tambakboyo, kalian hanya perlu membayar tiket masuk yang amat sangat murah. Harga tiket masuk sendiri disesuaikan dengan jenis kendaraan yang kalian bawa: Rp 1.000 untuk sepeda, Rp 2.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk mobil.

Lokasi Embung Tambakboyo

Embung atau Waduk Tambakboyo terletak di Condongcatur atau lebih tepatnya berada di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tambakboyo berjarak sekitar 8 km dari Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 22 menit dari Tugu Jogja atau hanya sekitar 16 menit dari UNY. Lihat Peta Lokasi Embung Tambakboyo.

Rute Jalan Menuju Embung Tambakboyo

1. Rute jalan dari Yogyakarta (via UPN Veteran)

Dari UNY langsung saja menuju ke utara melalui Jalan Gejayan / Jalan Affandi hingga sampai di Perempatan Ringroad Condong Catur. Dari perempatan Ringroad belok ke kanan atau ke timur melalui Jalan Ringroad Utara hingga sekitar 1,3 km. Setelah 1,3 km kalian akan sampai di perempatan depan UPN Veteran Yogyakarta, silahkan belok ke kiri atau ke utara. Lurus terus ke utara memasuki perumahan MBS hingga 600 meter. Setelah 600 meter akan ada perempatan kecil silahkan belok ke kanan atau ke timur. Setelah 300 meter sampailah kalian di pintu masuk Embung Tambakboyo.

2. Rute jalan dari Yogyakarta (via Taman Kuliner Condong Catur)

Dari UNY langsung saja menuju ke utara melalui Jalan Gejayan / Jalan Affandi hingga sampai di Perempatan Ringroad Condong Catur. Dari perempatan Ringroad lurus terus 100 meter akan ada perempatan, silahkan belok ke kanan atau ke timur. Ikuti jalan hingga sekitar 1 km akan terlihat pertigaan, silahkan belok ke kanan atau ke timur. Lurus terus sekitar 500 meter belok ke kiri, kemudian 80 meter belok ke kanan. Lurus ke timur sekitar 500 meter kemudian belok ke kanan atau ke selatan sekitar 400 meter sampai di perempatan kecil. Dari perempatan tadi belok ke kiri atau ke timur hingga 300 meter dan sampailah kalian di pintu masuk Embung Tambakboyo.

Fasilitas

  • Jogging track
  • Warung
  • Spot memancing

Foto Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo Jogja
Tambakboyo Jogja
Tambakboyo Yogyakarta
Embung di Jogja
Photo by : herbanu_photography
https://id.wikipedia.org/wiki/Waduk_Tambakboyo
http://www.outingjogja.com/2016/07/jalan-menuju-embung-tambakboyo-peta.html
https://www.kompasiana.com/danardana/551954a8a33311ff16b65978/nikmatnya-suasana-embung-tambakboyo
https://teamtouring.net/embung-tambakboyo-sleman.html
https://visitingjogja.com/9715/megahnya-panorama-merapi-dan-eksotisnya-sunset-di-embung-tambakboyo/

Tidak ada komentar