Wisata Hits

Indahnya Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Air Terjun Lepo Dlingo
Tiket Masuk
Dewasa Rp 2.000
Buka
Setiap hari 06.00-18.00 WIB

Asal-usul Air Terjun Lepo Dlingo

Kata 'Lepo' pada nama Air Terjun Lepo Dlingo berasal dari akronim 'Ledok Pokoh', yang bermakna 'jurang' di Dusun Pokoh. Dusun Pokoh merupakan nama dusun dimana air terjun ini berada. Karena itu, tidak jarang pula ada yang menyebutnya sebagai Air Terjun Ledok Pokoh. Masyarakat juga biasa menyebut air terjun ini sebagai Grojogan Lepo Dlingo. Kata 'grojogan' memang sering digunakan oleh oleh masyarakat Jawa untuk menamai sebuah air terjun. Grojogan berarti air yang jatuh dari ketinggian istilah jawanya 'ngrojog'.

Review Air Terjun Lepo Dlingo

Air Terjun Lepo Dlingo atau oleh masyarakat Jawa biasa disebut Grojogan Lepo Dlingo merupakan salah satu curug tersembunyi yang berada di Bantul, Yogyakarta. Banyak yang mengatakan bahwa Grojogan Lepo di Dlingo ini mirip dengan Erawan Falls yang berada di Thailand. Jika kalian tidak percaya, kalian bisa pergi ke Jogja untuk melihatnya langsung.

Saat mendekati grojogan ini, memang tidak terlihat jurang seperti yang dijelaskan bahwa asal nama 'lepo' berarti jurang. Tetapi ketika mendekati Grojogan Lepo, akan terasa jalan yang terus menurun seperti di tepian jurang. Air terjun ini sudah dikelola warga setempat dengan sungguh-sungguh bagus, hal ini terlihat dari batu-batu di sekitar tempat wisata yang telah disusun rapi sehingga mempermudah pengunjung untuk turun dari satu tempat ke tempat lain di bawahnya.

Grojogan Lepo Dlingo merupakan air terjun bertingkat yang memiliki 3 tingkatan air terjun atau grojogan dan 4 kedung atau kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang dan bermain air. Masing-masing kolam dikelilingi dinding batu kapur dengan tekstur unik yang membuat tempat ini begitu indah dan mempesona.

Untuk menikmati atau memasuki Air Terjun Lepo Dlingo, kalian hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 2.000/ orang dan juga membayar parkir Rp 3.000 untuk motor atau Rp 10.000 untuk mobil.

Lokasi Air Terjun Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo beralamat di  Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air Terjun ini berada cukup dekat dengan Air Terjun Randusari, hanya berjarak sekitar 7 km saja.
Baca : Pesona Keindahan Air Terjun Randusari Bantul
Air Terjun Lepo yang ada di Bantul kira-kira berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Jogja dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Lihat Peta Lokasi Air Terjun Lepo Dlingo.

Rute Jalan Menuju Air Terjun Lepo Dlingo

1. Rute jalan dari Kota Yogyakarta

Rute terdekat untuk menuju ke Air Terjun Grojogan Lepo Dlingo yaitu melalui Jalan Imogiri Timur. Dari Terminal Giwangan silahkan ke selatan sekitar 10 km hingga tiba pada sebuah pertigaan selatan Pasar Imogiri. Dari Pasar Imogiri belok ke kiri selanjutnya ambil arah ke kanan menuju ke arah Kebun Buah Mangunan. Dari persimpangan jalan di Mangunan bisa ambil jalan ke arah pusat Kecamatan Dlingo atau arah Pasar Dlingo sampai di pertigaan Kantor Kecamatan Dlingo. Dari pertigaan Kecamatan Dlingo silahkan belok ke kanan kemudian ikuti papan petunjuk jalan menuju ke Grojogan Lepo Dlingo.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Warung
  • Toilet
  • Area camping

Foto Air Terjun Lepo Dlingo

Air Terjun di Jogja
Grojogan Lepo Dlingo
Air Terjun di Bantul
Curug Lepo Dlingo
Photo by : herbanu_photography
http://www.berkeliling.com/2017/10/lokasi-dan-rute-obyek-wisata-air-terjun-lepo-di-dlingo-bantul.html
http://www.panduanwisatajogja.com/air-terjun-lepo-primadona-baru-wisata-air-di-bantul/
https://dolandolen.com/travel-directory/air-terjun-lepo-dlingo/

Tidak ada komentar