Wisata Hits

Wisata Bendungan Waduk Sempor Gombong

Waduk Sempor
Tiket Masuk
Dewasa Rp 6.500
Buka
Setiap hari 24 jam

Sejarah dan Asal-usul Waduk Sempor

Pembangunan fisik Bendungan Sempor ini dimulai sekitar tahun 1958 melalui Proyek Sempor dan selesai dibangun sekitar tahun 1978. Waduk ini pernah mengalami tragedi atau sebuah kecelakaan berupa jebolnya bendungan waduk pada tahun 1967. Tragedi jebolnya waduk ini memakan korban jiwa sebanyak 127 orang. Untuk mengenang para pekerja Proyek Sempor yang menjadi korban, maka dibangunlah sebuah Monumen Waduk Sempor.

Review Waduk Sempor

Waduk Sempor merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Fungsi utama dari waduk ini yaitu untuk mengairi persawahan yang ada di Gombong dan sekitarnya. Namun karena pemandangan waduk ini yang cukup indah, membuat Waduk Sempor juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Pemandangan waduk yang satu ini sangat indah, baik saat musim penghujan maupun pada saat kemarau panjang. Ketika musim penghujan, saya rekomendasikan kalian melihat keindahan Waduk Sempor dari sisi bagian barat atau bagian bendungan waduk. Dari sana akan terlihat pemandangan yang indah, apa lagi ketika kalian sedikit naik ke bagian atas.

Ketika musim kemarau kalian bisa melihat momen pulau di tengah waduk. Pulau ini hanya akan muncul ketika musim kemarau tiba karena debit air menurun. Pulau kecil ini merupakan gundukan tanah yang ada di waduk dan muncul ketika debit air surut sehingga terlihat seperti pulau kecil di tengah waduk. Pemandangan ini sangat bagus untuk berfoto, dimana rumput hijau akan terlihat memenuhi pulau kecil tadi. Untuk melihat pemandangan tersebut, kalian bisa menuju waduk bagian timur atau ke arah dermaga. Namun perlu diingat, jangan datang ketika puncak musim kemarau karena rumput hijau yang ada di pulau tadi mungkin sudah kering.

Waduk ini juga biasa dijadikan tempat memancing oleh orang-orang sekitar. Jenis ikan yang terdapat di waduk ini cukup banyak, mulai dari: mujaer, nila, gurameh, bandeng, dll. Namun untuk ikan terbanyak disana yaitu ikan bandeng air tawar informasi itu saya dapat dari pengelola. Bibit ikan bandeng air tawar rutin dilepasliarkan oleh beberapa pihak guna menjaga populasinya. Di waduk ini juga terdapat larangan menggunakan pukat harimau, hal ini ditujukan untuk menjaga kelangsungan hidup ikan-ikan yang ada di waduk.

Untuk melihat keindahan waduk dari dekat, kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 6.500/ orang dan untuk anak kecil tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Lokasi Waduk Sempor

Waduk ini terletak di Desa Sempor, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Waduk ini berjarak sekitar 27 km dari pusat Kota Kebumen yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 38 menit. Waduk ini juga cukup dekat dengan Obyek Wisata Benteng Van Der Wijck, hanya berjarak sekitar 8 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Lihat Peta Lokasi Waduk Sempor Gombong.

Rute Jalan Menuju Waduk Sempor

1. Rute jalan dari Kebumen, Magelang, Purworejo dan Yogyakarta (dari timur)

Langsung saja menuju ke Pasar Gombong. Dari Pasar Gombong, lurus terus ke arah barat sekitar 500 meter ada pertigaan silahkan belok kanan atau ke arah utara. Dari pertigaan tadi ikuti jalan sampai sekitar 3 km akan sampai pada gapura obyek wisata Sempor.

Dari gerbang / gapura wisata kalian lurus terus, ikuti jalan sekitar 2-3 km dan kalian akan sampai pada Waduk Sempor. Ada tiga tempat yang bisa kalian kunjungi, yang pertama bagian barat waduk (bendungan waduk), yang kedua bagian monumen waduk, dan yang ketiga di bagian timur waduk yang biasanya menjadi tempat untuk mengadakan acara-acara tertentu dan juga menjadi dermaga. Silahkan kalian pilih ingin menuju tempat yang mana.

2. Rute jalan dari Banyumas, Purwokerto, Cilacap dan Jakarta (dari barat)

Langsung saja menuju ke arah Pasar Gombong. 500 meter sebelum sampai di Pasar Gombong ada pertigaan (setelah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah), silahkan belok kiri atau ke arah utara. Dari pertigaan tadi ikuti jalan sampai sekitar 3 km akan sampai pada gerbang / gapura obyek wisata Sempor.

Dari gerbang wisata kalian lurus terus ikuti jalan sekitar 2-3 km dan kalian akan sampai pada Waduk Sempor. Ada tiga tempat yang bisa kalian kunjungi, yang pertama bagian barat waduk (bendungan waduk), yang kedua bagian monumen waduk, dan yang ketiga di bagian timur waduk yang biasanya menjadi tempat untuk mengadakan acara-acara tertentu dan juga menjadi dermaga. Silahkan kalian pilih ingin menuju tempat yang mana.

Untuk menuju ke bagian barat waduk / bendungan waduk:
Dari gerbang / gapura wisata kalian ikuti jalan sekitar 2 km hingga sampai di perempatan deket jembatan. Dari perempatan, kalian belok ke kanan atau ke arah utara. Lurus terus sekitar 1 km dan sampailah kalian di bagian barat waduk (bendungan waduk).

Untuk menuju ke monumen dan bagian timur waduk:
Dari gerbang / gapura wisata kalian ikuti jalan sekitar 1 km hingga sampai di pertigaan. Dari pertigaan kalian belok kanan (ke utara), setelah 200 meter dari pertigaan belok kiri (untuk menuju ke monumen waduk) atau ikuti jalan sampai ujung (untuk menuju ke arah timur waduk).

Fasilitas

  • Area parkir
  • Toilet / Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung makan
  • Camp area / lapangan
  • Aula dan Pendopo
  • Taman bermain

Foto Waduk Sempor

Waduk Sempor Gombong
Foto Waduk Sempor
Pintu Air Sempor
Bendungan Waduk Sempor
Bendungan Sempor
Sunset Sempor
Photo by : herbanu_photography
https://id.wikipedia.org/wiki/Waduk_Sempor

Tidak ada komentar